Tanda Wanita Yang Mengalami Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom ovarium polikistik banyak diderita oleh wanita, namun banyak yang tidak mengetahui informasi selengkapnya mengenai sindrom ini.  Sebelum mengganggu kesuburan Anda, yuk kenali dulu mengenai sindromnya berikut ini.

Sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovarium syndrome (PCOS) merupakan sebutan bagi kelainan hormonal yang menjadi salah satu penyebab ketidaksuburan pada wanita. Wanita yang memiliki PCOS dikatakan memiliki lebih banyak hormon laki-laki, yaitu Androgen. Menurut para dokter, dikatakan jika memang banyak wanita tak menyadari gejala PCOS karena kurangnya pengetahuan. Para dokter pun terkadang masih sulit menegakkan diagnosis penyakit ini.


Berikut merupakan gejala atau Tanda Wanita Yang Mengalami Sindrom Ovarium Polikistik


1. Siklus haid tidak teratur.

Gejala PCOS yang paling umum adalah tidak teraturnya siklus haid. Normalnya, haid datang sebulan sekali atau 21-35 hari sekali. Pada wanita yang memiliki PCOS, haid datang tak menentu bisa lebih dari 40 hari sekali, misalnya 3-5 bulan sekali. Kondisi ini membuat wanita sulit hamil. 

2. Jerawat sering muncul.

Munculnya jerawat sangat wajar, apalagi pada masa pubertas. Pada wanita dewasa, munculnya jerawat bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya karena ketidakseimbangan hormonal. Ini bisa menjadi salah satu tanda PCOS. Apalagi jika disertai menstruasi yang tidak teratur. 

3. Tumbuh rambut di tempat tak terduga.

Tumbuhnya rambut yang cukup banyak di tempat-tempat tak terduga, seperti dagu, di atas bibir, dan di tempat yang tak biasa, merupakan gejala PCOS. Hal ini terjadi karena kelebihan hormon pria pada penderita PCOS. 

4. Mengidap diabetes.

PCOS sering dikaitkan dengan resistensi insulin. Namun, para ahli masih terus meneliti apakah kelebihan hormon androgen yang memicu resistensi insulin. Wanita dengan PCOS sering kali menimbulkan gejala pre-diabetes. Hal ini membuat mereka sangat berisiko terkena diabetes tipe 2. 

5. Kenaikan berat badan.

Kenaikan berat badan juga bisa dicurigai sebagai tanda-tanda PCOS. Menurut Cleveland Clinic, kenaikan berat badan pada wanita dengan PCOS biasanya berfokus pada tubuh bagian atas dan perut.

0 Responses to “Tanda Wanita Yang Mengalami Sindrom Ovarium Polikistik”

Posting Komentar