Manfaat Bawang Putih Untuk Si Kecil

Bawang putih yang lebih dulu kita kenal sebagai bahan penyedap masakan ini memiliki manfaat baik untuk kesehatan, terlebih pada anak-anak. Bawang putih yang telah dikenal sejak dulu sebagai obat mujarab juga sangat khas dengan aroma yang dimilikinya.

Bawang putih dikenal sebagai salah satu obat alami yang biasa digunakan masyarakat  sebagai obat alternatif ini memiliki kandungan Allicin, yang merupakan senyawa alami terpopuler didunia kesehatan.



Langsung saja, berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang putih untuk si kecil, seperti yang telah dilansir dari laman Mom Junction.

1. Mengatasi Diare dan Disentri.

Senyawa dalam bawang putih membunuh parasit/cacing penyebab diare dan disentri dalam usus tanpa mempengaruhi fungsi dan aktivitas bakteri baik di dalamnya. Untuk mengobati diare atau disentri pada buah hati, hancurkan beberapa siung bawang putih dan campurkan ke dalam makanannya. Biasanya, anak-anak tidak menyukai bau bawang putih yang menyengat. Anda dapat mengakalinya dengan mencampur ke dalam makanan atau camilan.

2. Menjaga tekanan darah pada anak-anak.

Ternyata, bukan hanya orang dewasa saja yang dapat mengalami tekanan darah tinggi, anak-anak juga dapat mengalami hal serupa. Senyawa Allicin dalam bawang putih terbukti mampu melancarkan jalannya peredaran darah dalam tubuh. Bawang putih juga dapat meminimalisir tumbuhnya trombosit dan memerangi thrombosis pada anak-anak.

3. Mengobati infeksi mata.

Selain senyawa Allicin, di dalam bawang putih juga diketahui mengandung nutrisi seperti Quercetin, Vitamin C dan Selenium. Ketiganya berfungsi dalam mengobati sakit mata sekaligus meredakan bengkak pada mata. Sebelum mengaplikasikan bawang pada mata si kecil, ada baiknya untuk bertanya pada dokter terlebih dahulu.

4. Mengobati sakit telinga.

Bawang putih juga diketahui memiliki senyawa anti-jamur, antibiotik sekaligus antiviral yang berfungsi melawan virus. Untuk mengobati sakit telinga pada si kecil, campurkan minyak bawang putih dengan minyak zaitun. Oleskan campuran minyak tersebut minimal sekali sehari pada telinga yang sakit.

5. Mengobati demam dan batuk.

Sebagai obat untuk demam dan batuk yang diderita anak Anda, cukup hancurkan dua siung bawang putih dan berikan kepadanya untuk langsung dikonsumsi.

6. Mengobati gatal-gatal.

Antibiotik pada bawang putih di klaim dapat meredakan iritasi pada si kecil. Saat mendapati kulit buah hati kemerahan, oleskan bawang putih yang sudah dihancurkan terlebih dahulu hingga sarinya keluar.

7. Mengobati asma.

Untuk mengobati asma, Anda dapat mencampur susu hangat dengan 3 siung bawang putih yang sudah direbus untuk diberikan pada si kecil. Berikan setiap malam, menjelang tidur.

8. Sembuhkan luka.

Anti-mikroba dalam bawang putih mampu mencegah infeksi pada luka. Hancurkan beberapa siung bawang putih hingga sarinya keluar. Oleskan bawang putih tersebut pada luka.

9. Melancarkan pencernaan.

Tambahkan bawang putih pada setiap masakan atau camilan yang akan dikonsumsi oleh di kecil. Tujuannya tidak lain untuk mengobati iritasi dan inflamasi (peradangan) pada usus yang disebabkan oleh makanan yang tidak sehat atau bersih.

0 Responses to “Manfaat Bawang Putih Untuk Si Kecil”

Posting Komentar