Penyebab Anak Mudah Terserang Penyakit Saat Musim Hujan

Musim hujan menjadi musim orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah, lebih mudah terserang penyakit. Hal inipun berlaku untuk anak-anak. Pasalnya, anak-anak yang lebih rentan terkena penyakit akibat perubahan cuaca (kemarau-hujan atau sebaliknya).


Dikarenakan sistem kekebalan tubuh anak yang masih rendah, menjadikannya mudah untuk terkena paparan virus maupun bakteri dari lingkungan, atau bahkan orang disekitarnya. Akibatnya? Anak menjadi terserang pilek dan batuk.

Untuk mengurangi dampak jika memang anak mudah sakit, beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah sakitnya anak sebelum benar-benar terjadi.

1. Menjaga kebersihan tangannya.

Cara pertama untuk mencegah anak mudah sakit saat musim hujan adalah dengan menjaga kebersihan tangannya. Kita sendiri tahu bagaimana anak-anak sering memegang objek kotor dan penuh kuman. Lalu, sebagai orangtua hendaknya lebih memperhatikan kembali kebersihan tangannya. Cucilah tangan buah hati Anda setelah dia bermain tanah atau lainnya sebelum kemudian mulai makan dan minum.

2. Memastikan lingkungan selalu steril.

Pada bayi, mereka masih sangat lemah kondisi tubuhnya. Maka dari itu, Anda lah sebagai orangtua yang berkewajiban untuk memastikan lingkungannya selalu sehat, bersih dan steril.

3. Kekebalan tubuh.

Yang terpenting adalah berikan asupan makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan untuk penunjang nutrisi anak. Juga vitamin untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuhnya. Pada anak bayi yang masih menyusui, tidak lupa untuk tetap berikan ASI karena ASI sudah cukup untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuhnya. Perhatikan untuk bunda, tetap selalu konsumsi makanan sehat.

4. Selalu jaga kesehatan keluarga.

Agar bayi tidak mudah tertular penyakit, segera lakukan pencegahan dengan menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga dan penuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan. Jangan sampai ada keluarga yang kemudian terkena sakit, lalu menularkan kembali pada anggota keluarga lainnya.

Jika sudah melakukan keempat hal tersebut, maka kesehatan bisa tetap terjaga bukan hanya untuk anak Anda, tapi seluruh keluarga.

Baca juga :




0 Responses to “Penyebab Anak Mudah Terserang Penyakit Saat Musim Hujan”

Posting Komentar