Ciri-ciri Gula Darah Meningkat

Secara alami, tubuh manusia akan memberikan 'sinyal' atau ciri-ciri jika ada kondisi bagian tubuh yang bermasalah.

Termasuk pada kadar gula dalam darah yang meningkat. Akan tetapi, tidak semua bisa menyadari ciri-ciri atau gejala ini. Dan terkadang, mereka baru mengetahuinya setelah gejala semakin berat dan membuat penderitanya sakit.

Ciri-ciri Gula Darah Meningkat


Karena kestabilan gula darah juga penting, maka dari itu kenali Ciri-ciri Gula Darah Meningkat, seperti yang dilansir dari laman Liputan6, diantaranya :


1. Merasa sangat lelah.

Saat mendapati tubuh merasa lelah, biasanya hal ini disebabkan oleh terlalu banyak bekerja atau masalah lainnya seperti Anemia. Namun faktanya, selain hal tersebut, kondisi ini bisa terjadi akibat kadar gula darah yang meningkat. Saat gula darah meningkat, tubuh tidak dapat menghemat dan menyerap glukosa. Akibatnya energi tidak digunakan secara efisien, dan sel-sel tubuh tidak menerima jumlah makanan yang mereka butuhkan. Bahkan, mereka yang mengalami kondisi ini biasanya tetap merasa lelah meski tidak banyak melakukan aktivitas.

2. Mudah merasa lapar.

Jika Anda merasa lapar terus-menerus, gejala ini bisa jadi pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak berjalan dengan baik, salah satunya gula darah tinggi. Hal ini mencegah glukosa dilepaskan di sel tubuh orang tersebut. Dampaknya pada tubuh, tubuh tidak mendapatkan energi yang dibutuhkannya dan mendesak untuk terus meminta makanan. Inilah yang menciptakan sensasi kelaparan konstan.

3. Berat badan turun drastis.

Jika kadar gula darah dalam tubuh seseorang tinggi, tubuh mudah kehilangan berat badan dalam periode singkat. Hal ini terjadi bahkan jika Anda banyak konsumsi makanan berkalori tinggi sekalipun. Sebabnya, tubuh kehilangan banyak cairan karena sering buang air kecil. Ini akan membuat berat badan Anda turun.

4. Sering buang air kecil.

Seringnya buang air kecil juga termasuk salah satu gejala gula darah tinggi. Jika kita memiliki gula darah yang sangat tinggi, ginjal akan terpengaruh dan mencoba menyeimbangkan konsentrasi glukosa dalam darah dan sel. Selanjutnya, yang akhirnya terjadi adalah tubuh melarutkan darah dalam cairan intra-seluler. Hal ini membuat frekuensi kencing meningkat.

0 Responses to “Ciri-ciri Gula Darah Meningkat”

Posting Komentar